SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
SMA PL ST. Yohanes - Jln. S. Parman No. 3 Ketapang KalBar - Indonesia  Telp. (0534) 32864
Sabtu, 25 November 2017  - 3 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


04.09.2010 13:28:25 1908x dibaca.
ARTIKEL
MENDUKUNG ADIWIYATA SEBAGAI PRESTASI KITA BERSAMA

SMA PL St. Yohanes merupakan salah satu sekolah adiwiyata. penunjukan sebagai sekolah adiwiyata merupakan salah satu penghargaan dan prestasi tersendiri. Apresiasi dan penghargaan tidalah cukup untuk mendukung sekolah aduwiyata. Lebih dari pada itu, harus diwujudkan dalam tindakan sehari-hari.

Prestasi sebagai sekolah adiwiyata bukan hanya tangung jawab pihak sekolah saja, melainkan semua masyarakat sekolah, yaitu mulai dari guru, karyawan dan siswa. adiwiyata tersebut mengambarkan suatu sekolah dengan lingkungan yang asri, bersih dan teratur serta sangat kondusip. Oleh karena itu wajib hukumnya untuk mendukung program tersebut.

Kesuksesan adiwiyata harus didukung oleh seluruh masyarakat sekolah, salah satu bentuk partisifasi dalam menyukseskan adiwiyata tersebut adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. hingga saat ini, sudahkah anda merasa membuang sampah pada tempatnya?

SMA PL St Yohanes menediakan kotak sampah pada tiap ruangan, kotak sampah yang tersedia terdiri dari sampah organik dan sampah non organik. Pemisahan tempat sampah tersebut bertujuan untuk menjaga lingkungan. Hal ini memang baru bagi sekolah, namun setelah diterapkan beberapa bulan yang lalu, membuang sampah pada tempat yang benar mulai menjadi suatu tradisi. itu artinya kesadaran akan kelestarian dan menjaga lingkungan mulai tumbuh.

Salah seorang siswa kelas 12 menuturkan ”membuang sampah pada tempat yang benar merupakan sesuatu yang mudah dan sangat berarti bagi lingkungan, kita sebagai siswa SMA PL St Yohanes harus memiliki budaya malu mebuang sampah sembarangan” demikian tutur Bima saat kepergok  ketia ia membuang sampah plastik pada tong sampah non organik.

Membuang sampah pada tempatnya sangat penting, maka dari itu mari menjaaga dan mendukung program adiwiyata ini mulai dari dri sendiri, dari yang terkecil dan mulai saat ini. Semoga muncul Bima-Bima lain yang sadar akan kebersihan dan kesadaran akan lingkungan hidup.

By: Jeh Gorai, MB








^:^ : IP 54.145.124.143 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
 © 2017  http://smaplketapang.pangudiluhur.org/