SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
SMA PL ST. Yohanes - Jln. S. Parman No. 3 Ketapang KalBar - Indonesia  Telp. (0534) 32864
Senin, 11 Desember 2017  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


19.11.2009 14:22:30 5483x dibaca.
ARTIKEL
PELANTIKAN PMR BARENG PKS


Hari Pertama
Sabtu, 26 Oktober 2009

OSIS buat acara lagi nich. Kali ini giliran bidang PMR/UKS dan PKS yang unjuk gigi. Nah,acara yang dimaksud adalah Pelantikan calon anggota baru PMR/UKS dan PKS yang hukumnya wajib dilaksanain tiap tahun. Acara dimulai pukul 16.00 WIB yang ditandai dengan upacara pembukaan di depan Hall, kali ini yang bertindak sebagai Pembina upacara adalah Pak Mikael Lipo yang udah kesohor sebagai Pembina Ekstrakurikuler PKS ini didampingi kakak-kakak senior yaitu M. Rayanto, Reza, Kristian, dkk.

Well, setelah upacara kelar, selanjutnya adalah pembagian kelompok, PMR dibagi  menjadi 7 kelompok yang semuanya sudah ada pembina nya masing2. PKS? Dikarenakan jumlah personil PKS yang limited edition (dikit banget cing, cuma 5 orang!), maka mereka tidak perlu dibagi lagi. Next, mereka beristirahat untuk menyiapkan fisik dan mental untuk acara selanjutnya. Pukul 18.00 WIB acara pelantikan dilanjutkan kembali dengan pemberian materi oleh masing2 pembina ekstra khususnya PMR. Pembinaan yang diselenggarakan di kelas XF ini ada gangguan dari keadaan kelas yang kurang menyenangkan dikarenakan cuaca. Nah, buat PKS sayangnya pada saat itu belum ada pemberian materi selain persiapan perlengkapan. So,untuk mengisi waktu itu maka mereka melakukan sharing. Pembinaan dilakukan sampai jam makan malam.

Di malam yang rintik2, acara dilanjutkan ke dinamika kelompok yang berupa permainan tim. Nah game yang pertama adalah membawa botol yang berisi air dan peserta berusaha untuk tidak menumpahkan air tersebut. Game kali ini diikuti 5 kelompok. Diantara 5 kelompok itu ada 2 tim yang gagal, diantaranya kelompok PKS yang dimotori Arvin Andy Putra dari kelas X A dan Andre P. cs.

Ternyata setelah terjadi duel sengit, tim PKS mesti menelan kekalahan dan tentu saja, sanksi sudah menunggu. Hukuman yang diterima mereka adalah mengikuti gerakan dari para senioren. Sayangnya, lagi2 Arvin melakukan kesalahan. Tentu saja hukuman berlipat ganda, Arvin mesti merayu kakak Pembina yang sudah kita kenal dengan nickname Wanda dari XIIs3. Tetapi, doi menolak dan mengganti hukman dengan joged mengikuti irama musik. Nah, kali ini Arvin mau saja mengikuti.
Yang tidak kalah seru adalah pertandingan antara Iwan vs. Dennis, eiits, jangan buru-buru menghakimi siapa yang jadi pemenang, karena ini bukan pertandingan olahraga, melainkan Dennis disuruh mengikuti gaya Iwan. Semua berjalan lancar ketika (lagi-lagi) PKS diberi sanksi Joged Erotis( What A Silly!!!). Well, karena takut nanti melanggar UU anti-pornografi, maka hukuman diganti joged bebas .

Next, game dilanjutkan dengan  Stop Music. Udah pada tau kan? Itu loh game yang dimainkan dengan membuat lingkaran besar dan mengoper sebuah botol tanpa terputus, nah permainan dihentikan ketika musik berhenti atau botol terjatuh karena kesalahan peserta. Arvin  mungkin sedang dijauhi Dewi Fortuna malam itu karena sudah ke-3 kalinya mendapat hukuman. Hukuman yang ke3 ini melakukan pernyataan cinta. Dalam hukuman ini dia ditemani teman senasibnya yaitu Enny, Lusy, dan Hermanto. Serunya dalam game ini ada babak saat pasangan yang terpilih adalah Andre dan Karina (udah pada tau kan kiprah duet AP-KYC ini?) Nah, sanksinya adalah membuat drama yang ceritanya Karina a.k.a KYC marah karena Andre selingkuh. Sebagai gentleman tentu AP minta maaf dan mau balikkan sama KYC. Tanpa perjuangan berarti KYC jadi punya AP lagi.
Game masih berlanjut dengan host Kak Valentinus yang notabenenya senior di PMR . Nah, masih dengan format Big Circle game dimulai dengan para peserta menutup mata dan diacak-acak dengan cara diputar-putar maupun dibelit-belit. When it’s over mereka berusaha untuk membentuk lagi lingkaran yang bentuknya sudah acak kadut gitu dengan tangan masih tetap bergandengan. Guys, just TRY,TRY,TRY!

Pukul 20:55, Game selesai dan acara selanjutnya adalah doa malam yang dipimpin kak Rayanto untuk mengiringi mereka ke perpaduan. Actually, sesuai jadwal sich seharusnya ada BBQ. Tetapi dikarenakan kurangnya koordinasi dari panitia maka acara terpaksa dibatalkan. ”Agak kecewa sich, tapi BBQ kan bukan elemen terpenting. Yang penting tuh ilmunya” ujar salah satu panitia. “Yah, kalo punya acara pelantikan mestinya dipersiapkan secara matang sebelumnya, ini cuma masukan aja si.” Ujar salah satu tim jurnalistik yang ikut meliput.  It’s disappointed, right? (Bule nya keluar terus, biasa...anak jurnal dari luar negeri semua, hehe ^^). Setelah itu acara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh M. Rayanto dan setelah itu mereka disuruh untuk kembali ke ruangan mereka masing-masing untuk tidur. Sebelum tidur mereka diizinkan untuk menggosok gigi atau semacamnya selama 15 menit.

Pukul 23:15, para peserta tiba2 dibangunkan. Acara selanjutnya adalah sesi paling ditunggu kalo ada acara skul yang waktunya bermalam diskul, yeeahh, apalagi kalo bukan Uji Nyali. Semua lampu sekolah mulai dimatikan, dan beberapa anak cewe mulai berteriak, “akh!” Acara dimulai dengan para peserta berkumpul di area parkir sepeda sekolah. Sebelum para peserta mulai, para kakak panitia memberikan petunjuk tentang rute perjalanan. Yang aneh, belum aja jalan, sudah ada para peserta yang nangis duluan.. (Gimana tho mbak?).

Rute perjalanan yang akan mereka lalui agak panjang, yaitu dari area parkir sepeda sekolah, melewati lorong di depan dapur, di sana semua peserta diwajibkan merangkak atau setidaknya jongkok. Udah gelap, suruh merangkak lagi, emank nasib, nasib.... Lalu dari situ, peserta disuruh melanjutkan perjalanan ke depan ruang guru, ruang komputer dan berhenti di depan tangga kecil di sebelah XA. Dari sana lalu lanjut naik ke atas, kemudian turun di tangga utama. Setelah di tangga utama, mereka harus melewati XD dan XF, berhenti lagi di tangga kecil dan dari situ harus naik lagi. Sudah tiga perempat perjalanan dan mereka harus menyelesaikannya (ayo! Tinggal sedikit lagi). Mereka lalu turun di tangga sebelah ruang multimedia lalu finish di kantin.

Peserta pertama yang terjun adalah (lagi-lagi) Arvin. Tapi, doi gak takut loh, ” Santai aja, masa takut ama setan?” katanya nyantai. Lucunya, untuk menghilangkan rasa takut, para peserta banyak yang melakukan kegiatan-kegiatan unik, kaya’ nyanyi (tapi lebih mirip bergumam), berdoa sambil megang Rosario (Nah, ini yang benar). Takut tuh ama Tuhan,ya gak cing?

Dari sekian banyak peserta, ada beberapa anak yang takutnya gak karuan, mereka menjerit-jerit histeris, menangis, melompat dari lantai satu ke lantai dua (Ngak Ding..becanda..boong doank....hahaha). Nah untuk yang jenis kaya gini, para panitia paling semangat menakut-nakuti mereka.Guys, ternyata ada kakak panitia yang tidak setuju mereka ditakuti berlebihan, karena ada teman kita yang saking takutnya ampe semua badannya dingin.Brrrrr… Sebelumnya juga sudah diberitahu kalo mereka tidak boleh ditakut-takuti, mereka hanya menjaga saja, tetapi emank dasar bandel dweh.....
Selanjutnya, para peserta diperbolehkan tidur di ruangan masing dan dijamin tidak ada gangguan sekecil apapun.


Hari Kedua
Minggu, 25 Oktober 2009

Para peserta bangun pagi pukul 04.30 WIB untuk olahraga pagi. Sayangnya para peserta dinilai terlalu membuang waktu, sebagai saran nie..Guys, kalo mau jadi anggota PMR ato PKS mesti sigap donk!. Pada saat ini, banyak muka lesu, kusut, awut-awutan yang kami lihat baik dari panitia maupun para peserta. Selanjutnya mereka berolahraga pagi, olahraga yang dipilihkan panitia adalah Jogging bareng.

Para peserta jogging menggunakan pakaian Olahraga Sekolah. Bagus tu inisiatif pake baju sekolah, jadi agak nampang dikit deh Yohanes di depan umum. Sementara para peserta jogging, Panitia bergantian pulang untuk mandi. Mandi yang bersih yoo….
Pukul 06.30, peserta kembali ke sekolah. Mereka diperbolehkan untuk MCK sampai pukul 08.30. Untuk menunggu giliran, para peserta dan panitia malah melanjutkan olahraga dengan bermain basket dan voli. Pukul 08.40, anak-anak calon anggota dikumpulkan untuk sarapan trus lanjut ke permainan. Sebenernya habis ini mau langsung materi, tapi karena ada sedikit gangguan maka game diperpanjang.

Pukul 09.12 materi pembekalan terakhir dilaksanakan, PMR diberi materi tentang cara membuat dragbar oleh kakak panitia. Kalau dilihat dari bentuknya fungsi dragbar adalah mengangkat pasien gitu. Pertama-tama Pak Heribertus Wibowo yang lebih dikenal dengan Pak Bowo mengajarkan simpul-simpul yang dipakai dalam membuat dragbar. Salah satu simpul yang dipakai adalah simpul jangkar. Para anggota sangat giat dan tekun dalam membuat dragbar tersebut dalam kelompok. Tim jurnalistik pun ada yang ikut mencoba bagaimana membuat salah satu simpul itu.

Sedangkan PKS masih mengulur waktu untuk menunggu Pembina, Mikael Lipo datang maka PKS sharing dan meminta contact person calon anggota. Tak berapa lama Pak Lipo pun datang dengan kaos warna hitam. Materi PKS kali ini adalah praktek lapangan. Tentu saja lapangan praktek mereka adalah jalan depan sekolah. Walaupun jumlah PKS limited edition, mereka gak kalah gokil lho….

Ini bisa dibuktikan dari acara kemarin malam ampe pagi (Minggu,25/10). Kali ini Koordinator bidang Jurnalistik, Kelvin Tryanto menjadi relawan untuk berperan sebagai seorang murid teladan yang ingin menyebrang ke SMA St. Yohanes dengan sepeda yang kempes.Well, para calon anggota PKS pun berusaha melindungi Kelvin (a.k.a Lintang-Laskar Pelangi) untuk menyebrang dengan selamat. Untungnya para calon anggota PKS berhasil melaksanakan tugasnya dengan matang (walaupun salah satu anggota sedikit melakukan kesalahan sampai2 orang tua yang menggunakan motor marah2) dan Kelvin pun sampai ke sekolah dengan selamat tanpa cacat sedikitpun. Walaupun ada salah sedikit mereka tetap aja gokil.

Setelah beristirahat sebentar, panitia sibuk menyiapkan persiapan pelantikan para anggota baru. Nah, kali ini agak ekstrem karena tong penampung air pelantikan diambil dari tempat sampah. Weleh-weleh..nanti bilas yang bersih ya,, Dalam acara pelantikan ini para peserta disiram dengan air oleh semua kakak panitia dan puncaknya oleh Bapak Wakasek Bidang Kurikulum kita, Pak Yulianus ato yang lebih dikenal dengan Pak Yul. Selama disiram, mereka harus melewati parit di depan ruang komputer dan menelusurinya sampai di depan ruangan hall. Akhirnya setelah pelantikan dan diakhiri dengan doa maka para peserta diperbolehkan pulang. Ok! Pesan dari jurnalistik sich moga aja anggota baru ini dapat bekerja dengan baik yo!!!!(kit)








^:^ : IP 54.227.51.103 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
 © 2017  http://smaplketapang.pangudiluhur.org/