SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
SMA PL ST. Yohanes - Jln. S. Parman No. 3 Ketapang KalBar - Indonesia  Telp. (0534) 32864
Jumat, 23 April 2021  - 1 User Online  
BERANDABUKU TAMUHUBUNGI KAMI 


26.01.2021 10:24:39 57x dibaca.
BERITA
Bersama Bang Frans Doni Belajar Mengelola Website Sekolah

Mengawali tahun baru di semester genap 2020/2021, para pendamping ekstra jurnalistik SMA PL St. Yohanes bertekad untuk mengelola website sekolah yang sudah lama tidak diupdate.Terhitung sudah sejak tahun 2012 website sekolah tidak dikelola dengan berbagai alasan sehingga info yang ada sudah tidak valid lagi. Oleh karena itu pendamping jurnalistik berinisiatif untuk mengelola web sekolah dengan tujuan memberi informasi terbaru mengenai kondisi dan informasi sekolah kepada peserta didik dan masyarakat pada umumnya. Hal ini sangat penting mengingat selama 8 tahun terakhir sudah banyak perubahan dan perkembangan yang terjadi di lingkungan sekolah antara lain seperti kondisi pendidik dan tenaga kependidikan, fasilitas sekolah, dan prestasi sekolah. Agar tetap dipercaya oleh masyarakat sebagai lembaga pendidikan yang professional tentunya sekolah juga berkewajiban memberi informasi yang valid mengenai perkembangan sekolah saat ini, salah satunya melalui update informasi di web sekolah.

Untuk mewujudkan tekad tersebut, Ibu Dra. Y. Kasih Wiyati selaku salah satu pendamping ektra jurnalistik bekerjasama dengan pihak Yayasan Pusat untuk mengaktifkan kembali website tersebut. Langkah selanjutnya adalah meminta bantuan kepada Bapak Frans Doni, S.Kom. yang juga merupakan alumni SMA PL St. Yohanes tahun 2000 untuk melatih para pendamping jurnalistik dalam mengelola website. Pria yang akrab disapa Bang Doni tersebut merupakan pengurus KOMSOS Katedral St. Gemma Galgani Ketapang dan merupakan sarjana Informatika lulusan UKDW (Universitas Kristen Duta Wacana) Yogyakarta. Jadi mengelola website sudah menjadi keahlian beliau. Alhasil pada Senin, 25 Januari 2021 kami mengikuti pelatihan di ruang jurnalistik kurang lebih selama dua jam. Peserta pelatihan yakni Bapak Frans Jepi Nexon, S.Pd selaku ketua pendamping jurnalistik SMA PL St. Yohanes sekaligus guru Bahasa Indonesia, dan tiga pendamping lain yakni Bapak Leonardus Wibisono, S.Pd., Ibu Dra. Y. Kasih Wiyati, dan Ibu Maria Sri Rahayu, S.Pd.

Banyak ilmu yang kami terima dalam pelatihan tersebut, antara lain bagaimana cara memasukan artikel baru, mengunggah foto dan video di album, mengedit informasi terbaru dan sebagainya. “Pada dasarnya ada empat kegiatan utama dalam mengelola website yakni create (mencipta), read (membaca), update (memperbaharui) dan delete (menghapus). Selebihnya perlu ketekunan dan kreatifitas dalam mengelolanya” ujar Bang Doni.

Para pendamping ekstra jurnalistik berharap agar pelatihan ini dapat bermanfaat dan bisa dilatihkan kepada peserta didik, serta  direalisasikan agar website yang kita miliki bermanfaat bagi perkembangan sekolah serta bisa menjadi sarana informasi dan promosi agar sekolah kita semakin dikenal oleh masyarakat luas. Kami juga mohon dukungan dari berbagai pihak agar cita-cita para pendamping ekstra jurnalistik dapat terwujud dengan baik. Terimakasih (Maria Sri Rahayu)








^:^ : IP 100.25.42.117 : 2 ms   
SMA PANGUDI LUHUR ST. YOHANES
 © 2021  http://smaplketapang.pangudiluhur.org/